HARI GIZI NASIONAL 2017

Untuk memeriahkan Hari Gizi Nasional ke-57 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2017,  Jurusan Gizi Poltekkes Bandung menyelenggarakan Peringatan Hari Gizi Nasional dengan tema “Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat”. Kegiatan yang mengambil lokasi di Car Free Day Dago dan SMAN 1 Bandung ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2017. Jalan sehat dan cek kesehatan gratis yang ditujukan untuk masyarakat sekitar menjadi acara untuk peringatan HGN 2017. Menurut salah satu narasumber,

“93,6% anak di atas 10 tahun kurang mengonsumsi sayur dan buah”

Oleh karena itu, peserta kegiatan jalan sehat yang datang dari mahasiswa Jurusan Gizi membuat maskot buah dan sayur serta propaganda yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan hidup sehat dan mengonsumsi sayur dan buah.

Pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan, bekerja sama dengan PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) DPD Jabar, Asosiasi Dietisien Indonesia DPD Jabar, serta jurusan-jurusan lain di Poltekkes Bandung. Jenis pemeriksaan pun sangat beragam, diantaranya pengecekan status gizi, berat badan dan tinggi badan, kadar lemak, tekanan darah, golongan darah, asam urat dan kolestrol,pemeriksaan mulut dan gigi, serta konsultasi obat dan penyuluhan PHBS. Kegiatan-kegiatan tersebut pun mengundang banyak sekali antusias masyarakat mulai dari anak-anak hingga lansia.

Menurut salah satu narasumber, kesadaran masyarakat akan kesehatan masih sangat kurang bahkan ada yang enggan untuk memeriksa kesehatannya karena banyak alasan dan lain hal. Namun secara keseluruhan acara ini sangat membantu masyarakat sekitar untuk menyadari akan pentingnya kesehatan, konsumsi buah dan sayur, dan masyarakat juga jadi mengetahui tentang pentingnya status gizi.(Red : Tim 5)

Leave a comment