FAKTA DIBALIK WEBSITE DAN HACK

DSC_0007BANDUNG(12/02) Sudah beredar lama sejak bulan Desember lalu bahwa website Poltekkes Kemenkes Bandung tidak dapat diakses oleh mahasiswa karena mengalami hack. Hingga saat ini website Poltekkes Kemenkes Bandung belum dapat diakses dikarenakan masih dalam proses perbaikan. Banyak pertanyaan muncul dikalangan mahasiswa, mengapa bisa sampai terjadi hack pada website Poltekkes Kemenkes Bandung yang merupakan website resmi institusi? Lalu bagaimana dengan sistem keamanannya?

Ditemui di ruangannya, Bpk. M. Aris Rizqi selaku Kepala Sistem Perencanaan Informasi Poltekkes Bandung meluruskan bahwa sebenarnya sebelum terjadi hack, website sedang dalam masa pembenahan untuk perbaikan dan pembaharuan aplikasi namun dalam masa pembenahan ini ada hacker yang menembus sistem keamanan.

Beliau mengatakan, “Kami sudah melaporkan ke pihak berwajib, namun untuk mencari hacker membutuhkan waktu dan biaya, lebih baik mengurusi sekian banyak data mahasiswa dari pada mengurusi satu orang hacker. Ya, tidak dapat dipungkiri di dunia maya pasti ada saja (pengganggu sistem)(red:hack), jadikan pelajaran saja dan keamanan harus ditingkatkan lagi.”

Saat ditanya mengenai alasan lemahnya sistem keamanan website milik Poltekkes Kemenkes Bandung, beliau memberikan penjelasan mengenai kurangnya SDM bagian IT. “Dulu, tidak ada ahli programmer, jadi ambil (programer)dari luar. Tapi sekarang sudah punya dan ketahuan bahwa sistem keamanannya tipis.” Hal ini pun dibenarkan oleh Bpk. Abdu Latief, selaku bagian IT Politeknik Kesehatan Bandung, Selain masalah keamanan website, teknologi yang dimiliki website Poltekkes Bandung sekarang pun sudah tertinggal zaman karena terakhir diupgrade pada tahun 2012. “Seharusnya setahun sekali diupgrade tapi terbatas masalah perencanaan dan sumber daya manusia.”

Selain Poltekkes Bandung, ada pula 6 Poltekkes lain yang terkena hack dalam kurun waktu yang tidak berjauhan, yaitu Poltekkes Banjarmasin, Poltekkes Banten, Poltekkes Malang, Poltekkes Padang, Poltekkes Pontianak dan Poltekkes Tasikmalaya. Namun dengan hacker yang berbeda-beda.

Sejauh ini, upaya keamanan yang sedang dilakukan adalah pemblokiran untuk identifikasi penyerang, pertahanan peningkatan jaringan dan menunggu proses recovery. Telah dilakukan pula pemisahan aplikasi SIAK dan portal website, fungsinya tentu untuk memperkuat sistem keamanan. Setelah seluruh sistem kembali normal, website akan terbagi bukan lagi terfokus pada www.poltekkesbandung.ac.id, namun akan ada sisi info untuk data mahasiswa dan dosen, dan website khusus SIPENMARU. Selain itu, telah hadir pula website khusus jurusan yang sudah mulai dibenahi sejak tahun 2015. Diantaranya, website Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Perawat Bandung, Kebidanan Bandung dan Kebidanan Bogor. Semoga kedepannya tidak ada masalah lagi ya! (Amadda Fadhila, Galih Ardyarofi, Astri Luffiati)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s