Seminar ESQ Dies Natalis X Poltekkes Kemenkes Bandung

Kamis (01/03)

“Bayangkan anda sedang menaiki motor anda dan ingin menyalakannya untuk pergi ke suatu tempat. Tapi saat anda menyalakan starter, mesin motor anda tidak mau hidup. Apa yang akan anda lakukan? Menyela bukan? Lalu saat anda menyela motor anda dengan kekuatan 30%, apakah motor anda menyala? Belum. Oke, kalau begitu kekuatan kaki anda naikkan menjadi 45%. Apakah motor tersebut akan hidup? Tidak kan? Lalu anda mencoba menyela motor dengan kekuatan 100%. Dan motor anda berbunyi menandakan reaksi motor yang hidup dan siap untuk mengantar anda ke tempat yang dituju.”
Suara itu terdengar lantang menggaungi auditorium gedung direktorat Politeknik Kesehatan Bandung yang baru-baru ini diresmikan. Ya, sumber suara itu tidak lain adalah Bapak Asep Rohidin, pemateri pertama pada seminar Dies Natalis: Pengantar ESQ dalam Kehidupan POLTEKKES Bandung, salah satu penulis sekaligus motivator dari Insan Muda Community (IMC). Sebenarnya pemateri yang membawakan tema “Kecerdasan Emosional” itu belum pantas disebut Bapak, karena usianya yang mesih terbilang muda, 22 tahun. Peserta seminar yang merupakan perwakilan berbagai jurusan dari Poltekkes Kemenkes Bandung, ditambah beberapa jurusan dari Poltekkes himpunan dari luar Bandung yaitu Kebidanan Karawang, Kebidanan Bogor, dan Keperawatan Bogor terlihat begitu antusias mengikuti materi yang disampaikan. Bapak Arya, salah satu pengajar mata kuliah Bahasa Inggris di jurusan Kesehatan Lingkungan mengungkapkan bahwa materi seminarnya sebenarnya sudah bagus. Tetapi seharusnya peserta seminar bukan hanya dari kalangan mahasiswa dan dosen-dosen yang sedang tak ada job. Semestinya topik-topik seperti ini juga didengarkan oleh pejabat-pejabat kampus. Seperti para pemegang kursi di direktorat, dan para kajur.
Materi seminar yang kedua bertema “Kecerdasan Spiritual” yang dibawakan oleh Ustdaz Darwis. Beliau membuat para peserta seminar lebih kalem dari sebelumnya dengan menghadirkan beberapa video-video yang membuka hati para peserta seminar. Banyak pula Quotes-quotes cantik yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits pada saat beliau menyampaikan bahasan. Salah satunya: “Wahai Muhammad, jika ada yang bertanya kepadamu tentang Aku, maka katakanlah, Aku dekat.”
Seminar pun semakin meriah oleh hiburan persembahan dari masing-masing jurusan yang hadir. Seperti tari Merak-Jaipong yang dipersembahkan oleh Kebidanan Bandung, tari Jaipong Karawang dari Kebidanan Karawang, Nasyid oleh Keperawatan Bandung, Musikalisasi Puisi oleh Kebidanan Bogor, akustik dari mahasiswa Analis Kesehatan Bandung, serta satu pagelaran drama oleh Gizi Bandung.
“Hiburannya menarik. Biasanya kan untuk hiburan itu kita mencari dari luar kampus, tapi hiburan kali ini live dari para mahasiswa kampus kita sendiri. Wah, ternyata bagus. Banyak bakat-bakat yang tidak disangka dimiliki oleh mahasiswa kita.” Kata Bapak Ichwanuddin, SKM., M.Kes, selaku ketua jurusan Gizi Bandung.

Dua materi penghujung disampaikan berturut-turut, masih mengenai ESQ . acara ditutup dengan pengumuman-pengumuman pemenang doorprize yang juga membuat para peserta semarak lagi. Mungkin diantara mereka ada yang bersorak saat nama kawannya yang disebut, tapi mungkin ada juga di antara mereka yang bersorak karena dirinya yang kian belum juga beruntung. Eh, jangan salah.. hadiah doorprizenya nggak main-main loh, flahsdisk, modem dan lain sebagainya.

Kata mahasiswa:
Irvansyah (Keperawatan Bogor) : “Saya baru pertama kali mengikuti seminar Diesnatalis ini. materi-materinya lumayan seru. Tapi manurut saya terlalu banyak film atau video, jadi dirasanya kurang komunikatif dengan pesertanya.”

Cindya (Analis Kesehatan) : “Materi ESQ-nya yang sepaket itu bagus buat kita, mahasiswa baru yang masih dalam tahap peralihan dari dunia SMA ke dunia Universitas. Hiburannya rame. Setiap persembahan jadi memacu kreativitas mahasiswanya, juga menambah erat rasa kekeluargaan sesama mahasiswa Poltekkes.”

(Rizkyta-alzyress/Steril)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s