Pembukaan Pameran Fotografi “Save Our Heritage”

This slideshow requires JavaScript.

(Selasa, 22/11/11) Pada hari Senin, 21 November 2011 tepatnya pukul 15.00 WIB Air Photograph Communication menggelar pameran fotografi bertemakan “Save Our Heritage”. Pameran ini menampilkan hasil karya fotografi dengan lokasi pengambilan tidak hanya di Bandung saja, tetapi juga di Jakarta, Surabaya, Karawang, Padang, Kabupaten Garut, dan Semarang. Sesuai tema pameran yang mengangkat tentang arsitektur bangunan “lama”, hasil fotografi dengan tema “Art Deco Building In Indonesia” cukup memperlihatkan pesan-pesan yang ingin disampaikan tentang bangunan-bangunan “lama” di Indonesia. Acara ini dibuka dengan pertunjukan dari Laskar Panggung yang menceritakan tentang keadaan bangunan Heritage di Indonesia saat ini.

Pembukaan pameran yang diselenggarakan di Hotel Grand Royal Panghegar ini cukup dihadiri banyak orang, baik dari pihak hotel, komunitas fotografi, peserta lomba fotografi, dan dari APC institute. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Harastoeti Dibyo Hartono selaku ketua Bandung Heritage yang memberi sedikit informasi tentang bangunan-bangunan “lama” di Bandung.

Pameran foto yang bertempat di Jln. Merdeka no.2 ini tidak hanya menampilkan “Art Deco Building In Indonesia Photo Contest” saja tetapi juga menampilkan “Art Deco Building at Grand Royal Panghegar Photo Contest” dengan konsep memotret bangunan hotel Panghegar baik menggunakan model sebagai fokus foto dan bangunan hotel sebagai background, ataupun memotret bangunan hotel itu sendiri.

Kota Bandung memiliki kualitas dan kuantitas peninggalan bangunan dengan Arsitektur Modern yang sangat kaya, dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.  Dan bangunan-bangunan tersebut tentunya harus kita jaga karena bangunan tersebut merupakan salah satu dari sejarah. Itulah salah satu tujuan diadakannya pameran ini.

Pembukaan pameran ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba “Art Deco Building In Indonesia” dan “Art Deco Building At Grand Royal Panghegar”. Juara 1 pada lomba “Art Deco Building In Indonesia” dimenangkan oleh Kinkin Panenthe dari Bandung dengan judul foto “Vila Isola In My Eyes” dengan lokasi pengambilan foto di Jln. Setabudhi Bandung , tepatnya di Kampus UPI. Sedangkan juara kedua dan ketiga dimenangkan oleh Ramdani dari Jakarta dengan judul foto “Rawan Ambruk” yang berlokasi di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta Kota dan oleh Alfin Yuniarto dari Jakarta dengan judul foto “Stained Glass” yang berlokasi di Hotel Majapahit Surabaya. Adapula juara 1 pada lomba “Art Deco Building At Grand Royal Panghegar” dimenangkan oleh Dadang Gantina dari Bandung dengan judul foto “In Front Of Grand Royal Panghegar”, sedangkan juara kedua dimenangkan oleh Awan Sathyana dari Bandung dengan judul “Menjulang Tinggi”, dan juara ketiga dimenangkan oleh Irfaria Putra Irba dari Lampung dengan judul “Ruang Bersantai Grand Royal Panghegar”. (Sri/Steril)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s