launching UKM JURNALISTIK STERIL

Belum resmi menjadi anggota STERIL, mereka sudah menunjukkan antusias saat launching UKM Jurnalistik STERIL, Sabtu 17 September 2011, Aula Gizi. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru Polekkes dari berbagai jurusan yang berminat mendaftarkan diri menjadi anggota baru STERIL. Diisi oleh berbagai macam pelatihan seperti pelatihan writing dan fotografi sebagai bekal sang calon Pers Mahasiswa.

Dalam pelatihan writing kita diajarkan bagaimana cara menulis berita dengan baik dan menggunakan bahasa yang lugas, efektif, dengan memperhatikan kaidah kebenaran (fakta) dan mengandung unsur 5W 1H (apa, siapa, mengapa, kapan, dimana, dan bagaimana). Menulis berita, kita perlu memahami benar keadaan situasi pada saat peristiwa terjadi, sehingga kita dapat menceritakan sesuai fakta kepada masyarakat luas dengan pandangan yang netral, tidak memihak kepada salah satu pihak atau memprofokatori masyarakat.

Sedangkan dalam pelatihan fotografi kita diajarkan untuk bercerita melalui gambar yang kita tangkap lewat lensa kamera. Menceritakan berbagai fenomena tanpa banyak berkata-kata, karena gambar akan menceritakan peristiwa secara lebih nyata, jujur apa adanya. Jurnalistik fotografi yang banyak dianut oleh Pers mahasiswa menceritakan sesuatu tanpa rekayasa atau tanpa dibuat naskah reka adegan terlebih dahulu sebelumnya untuk difoto. Semua terjadi secara spontan dan nyata.

Fotografi dan writing adalah seni yang mungkin sudah ada dalam diri kita masing-masing, tinggal bagaimana kita mengembangkan itu semua dalam wadah STERIL. Majulah terus Pers Mahasiswa, Pers Indonesia. (Rizka, STERIL)

One thought on “launching UKM JURNALISTIK STERIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s