Observasi Kondisi Lingkungan dan Penelitian Air Limbah Pabrik Tahu Cibuntu

This slideshow requires JavaScript.

Mahasiswa Politeknik Kesehatan Bandung, Jurusan Analis Kesehatan Bandung membuat prestasi yang membanggakan dengan berpartisipasi dalam proyek internasional. Deasy Aryanti, Feriyadi Ramansyah, Annisa Ediarti, Santi Mulyani, Fitrianingsih, Mustika Syaftin dan Selly Pibriani, ikut dalam observasi kondisi lingkungan dan penelitian air limbah pabrik tahu di kecamatan Cibuntu, Bandung dari tanggal 30 Mei – 4 Juni 2011 .

Proyek ini merupakan program Lien Foundation – NTU Environmental Endeavour (EE2), sebuah organisasi dari Singapura yang mempunyai misi meningkatkan kondisi air dan sanitasi di negara berkembang di Asia. Selain melakukan proyek ini di Sri Lanka dan Nepal, Lien Foundation mencoba untuk melakukannya di Indonesia, tepatnya di kecamatan Cibuntu, Bandung – Jawa Barat.

Lien Foundation sendiri melibatkan mahasiswa NTU (Nanyang Technological University)-Environmental Endeavour dari Singapura. Selama di Indonesia, mereka bekerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), 1 orang mahasiswa ITB, ! orang mahasiswa Unpad dan 7 orang mahasiswa Politeknik Kesehatan Bandung-Jurusan Analis Kesehatan.

Suatu kehormatan, mahasiswa dari Politeknik Kesehatan Bandung dipercaya untuk berperan aktif dalam proyek internasional seperti ini. Merupakan bukti bahwa kualitas mahasiswa Politeknik Kesehatan Bandung bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya yang ada di Indonesia.

Dari hasil observasi dan penelitian tersebut, kualitas kehidupan masyarakat Cibuntu harus diperbaiki karena sanitasi lingkungannya sangat buruk. Sedangkan air limbah dari pabrik-pabrik tahu Cibuntu tersebut, berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi biogas. Jika nanti dilakukan pengembangan lebih lanjut, reaktor biogas akan dibangun di Cibuntu dan biogas yang dihasilkan bisa dimanfaatkan oleh pemilik pabrik untuk memproduksi tahu. Sehingga limbah dari pabrik tersebut bisa dikurangi.

3 thoughts on “Observasi Kondisi Lingkungan dan Penelitian Air Limbah Pabrik Tahu Cibuntu

  1. ratri says:

    Perkenalkan saya ratri. Saya sgt tertarik mengenai industri tahu cibuntu, terutama tntang pembuangan limbah cair. Bisa ngk yah,ita komunikasi via email atau bagaimana yah.. saya mau nanya2 lagi.. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s