Yuk, 26 Maret Sejam Hemat Listrik

JAKARTA, SRIPOKU.COM – Mau ikut aksi bersama milyaran warga dunia? tanggal 26 Maret ada kampanye Earth Hour 60+. Pada hari itu, anda bersama warga di seluruh belahan dunia selama satu jam mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak digunakan.

Pada 2009 dan 2010, Earth Hour menjadi kampanye lingkungan hidup terbesar dalam sejarah karena berhasil meraih 1,5 milyar warga dari 4616 kota di 128 negara.  “Tahun ini, Earth Hour ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia dan aksi dilakukan jam 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Di Jakarta, kegiatan itu dikampanyekan oleh WWF Indonesia dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

“Earth Hour 2011 mengingatkan masyarakat pada emisi karbondioksida yang dihasilkan dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan kontribusinya kepada perubahan iklim,” kata Efransjah, CEO WWF-Indonesia di Jakarta, Rabu.

Menurut dia,  yang berbeda di tahun ini pihaknya memperkenalkan inisiatif sumber energi terbarukan. “Kami telah membangun pembangkit listrik mikrohidro di Kalimantan Barat. Dan, setelah Earth Hour 2011, akan dibangun lagi sebuah pembangkit listrik mikrohidro di Kalimantan Tengah.” ujarnya.

Gubernur Fauzi Bowo mengemukakan aksi seperti  Earth Hour dan  yang selama ini sudah berjalan di Jakarta yaitu  Car Free Day, merupakan wujud kepedulian warga dalam menurunkan jejak karbon.

Pemerintah DKI Jakarta pada saat Earth Hour akan memadamkan listrik di beberapa titik yaitu Bundaran Hotel Indonesia dan  air mancur, Monas dan air mancur, air mancur Arjuna Wiwaha, Patung Pemuda,   gedung Balai Kota dan gedung-gedung pemerintahan terkait.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s