Seminar Gizi “Tingkatkan kredibilitas Ahli gizi melalui Uji Kompetensi dan Registrasi“

Cimahi, Steril. Pada tanggal 4 desember 2010 telah dilaksanakan seminar gizi dengan mengusung tema “Tingkatkan kredibilitas Ahli gizi melalui Uji Kompetensi dan Registrasi “ .Acara yang diselenggarakan di Rumah Sakit Cibabat dan dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB ini diminati oleh mahasiswa gizi ,khususnya tingkat 1 yang belum pernah mengikutinya .Seminar ini diisi oleh dua orang pemateri yang begitu kompeten di bidangnya ,yaitu Ir.Mimin Aminah M.Kes selaku Ketua DPD PERSAGI JABAR , dan Ibu Sri Yuaningsih selaku DPP PERSAGI , juga seorang moderator yaitu Kang Ano. Seminar tersebut dilaksanakan agar calon ahli gizi mengetahui betapa pentingnya uji kompetensi dan registrasi karena dilatar belakangi oleh 3 faktor utama yaitu :
1. kecenderungan pelayanan kesehatan dan gizi makin meningkat dan kompleks,
2. dibutuhkannya tenaga kesehatan yang profesional dan memiliki sifat etis
3. Provinsi Jawa Barat merupakan gula dalam pelayanan keeshatan dan gizi.

Adapun uji kompetensi merupakan suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi . Begitupula registrasi adalah pencatatan resmi terhadap tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi dan telah mempunyai kualifikasi tertentu lainnya serta telah diakui secara hukum untuk menjalankan praktik dan atau pekerjaan profesinya. Uji kompetensi sendiri direncanakan dilaksanakan pada bulan Februari 2011.

Walaupun terkesan begitu penuh dengan materi, namun peserta seminar yang berasal dari tingkat 1 ,2, dan 3 cukup antusias mengikuti ,buktinya ketika dilaksanakan sesi tanya jawab ,banyak peserta yang memberikan sejumlah pertanyaan yang begitu kritis. Dengan demikian pemateri memaparkan jawaban-jawaban yang diplomatis pula.

Acara seminar tersebut dimeriahkan pula dengan kolaborasi alunan suara indah Teh Lina dan dentingan suara gitar oleh Teh Irna .Hal tersebut cukup memberi hiburan yang nyata bagi peserta. Selain itu, masih ada kejutan yang tak kalah seru nya . Hal tersebut adalah pengumuman Door Prize. Panitia memberikan beberapa syarat yang begitu unik bagi peserta yang ingin mendapat hadiah yaitu salah satunya peserta harus memiliki satu bolpoint dengan 4 warna, peserta harus memliki struk belanja sebanyak-banyaknya dll. Hadiah yang diberikan sangatlah mengesankan ,salah satunya peserta yang memenangkan door prize mendapat satu unit handphone. Hal tersebut mendatangkan decak kagum bagi peserta lainnya. Acara berakhir pukul 14.00 WIB .

Menjadi seorang ahli gizi memang bukanlah perihal membalikkan telapak tangan yang dapat dilakukan dengan sekejap mata, namun bukan pula sesuatu yang teramat sulit .Jika kita memiliki keinginan keras untuk mengabdi kepada masyarakat dan Allah Swt dalam bidang kesehatan khususnya gizi ,berusaha dengan maksimal dan disertai doa yang tiada henti niscaya menjadi ahli gizi yang kompeten dapatlah menjadi sesuatu yang dapat kita genggam .Salah satu yang harus kita yakini yaitu Kita semua harus dan pasti bisa !!! Hidup Ahli Gizi Indonesia !!! (Meriyani/steril)

One thought on “Seminar Gizi “Tingkatkan kredibilitas Ahli gizi melalui Uji Kompetensi dan Registrasi“

  1. kaka says:

    bagus . .bagus . .
    terus tampilkan berita terbaru
    kalo bisa sehari setelah event paling lambat muncul
    biar masih anget..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s