Pramono Khawatirkan Kondisi Dunia Jurnalistik

INILAH.COM, Bandung – Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung mengkhawatirkan kondisi dunia jurnalistik saat ini. Pasalnya banyak hal yang bersifat pribadi menjadi konsumsi publik. Selain itu, netralitas media massa saat ini sangat dipengaruhi oleh kepentingan politik.

“Semua media massa sudah masuk dalam lingkaran kekuasaan termasuk
TVRI. Sekarang banyak media massa yang digunakan untuk kepentingan kelompok” kata Pramono, dalam seminar nasional ” Komunikasi dan Transparasi Informasi Dalam Iklim Demokrasi di Indonesia” di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Senin (29/11/2010).

Padahal, lanjut Pramono, media massa memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan karir seseorang termasuk para politisi. Untuk itu, kata dia, perlu peningkatan dampak positif dari media massa dan mengurangi dampak negatif.

“Saat ini kekuatan informasi telah meningkatkan partisipasi publik, dalam melakukan kontrol dan pengawasan terhadap penyelenggaraan negara. Lewat media massa setiap kebijakan penyelenggara negara yang dinilai menyimpang dan tidak populer akan mendapatkan respons dari publik,” terangnya.

Selain itu, kata Pramono, peningkatan partisipasi publik akan mampu mendorong proses percepatan transisi demokrasi di Indonesia. Informasi dapat memunculkan dampak yang dikhawatirkan negatif. Hal itu, kata dia, sangat terkait dengan kemajuan teknologi komunikasi secara langsung yang mengancam nilai-nilai dan tatanan budaya bangsa.

“Jika transparansi informasi dimaknai sebagai kebebasan mutlak, maka akan menetaskan kecemasan baik terhadap individu, kelompok,maupun negara,” tuturnya.

One thought on “Pramono Khawatirkan Kondisi Dunia Jurnalistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s