Diklat UKM Jurnalistik “STERIL”

Diklat STERIL 2010

Bagi setiap orang, kata “diklat” memiliki makna tersendiri. Kebanyakan orang bahkan mempersepsikan diklat itu sebagai suatu hal yang menegangkan, menakutkan, dan mengandung unsur tidak mengenakan hati, badan, dan jiwa (/red).

Tapi, persepsi seperti itu bukanlah suatu hal yang mutlak. Bagi STERIL sendiri diklat dapat diartikan berbeda dan dapat meninggalkan bekas yang berbeda pula. Mengapa demikian?

Jawabannya “ karena kami beda”.

Ini dibuktikan dengan pelaksanaan diklat STERIL sendiri yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2010 di Natural Hill, sebuah tempat wisata alam yang cukup menyejukkan mata, hati, dan pikiran. Diklat yang diketuai oleh salah satu pengurus UKM Jurnalistik STERIL yang bernama Erma Rachmi….. ini, diikuti oleh 24 peserta yang merupakan anggota baru. Menurut panitia sendiri, diklat yang diselenggarakan STERIL ini merupakan sebuah prasyarat yang harus dilalui oleh anggota baru untuk resmi menjadi pengurus UKM Jurnalistik STERIL selanjutnya.

Diklat yang dimulai dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 ini terdiri dari kegiatan olahraga, outbond, dan sharing ala journalist. Outbond yang cukup menguras tenaga ini pun lebih mengarah pada tugas sebagai journalist. Semua pos yang terdiri dari zona fotografi, zona kotik (kode etik), zona pers, zona atas nama STERIL, dan zona frog eye water fall ini menggambarkan kegiatan yang bersifat jurnalistik termasuk fotografi.

Disini semua peserta dikenalkan pada kegiatan-kegiatan STERIL sebagai UKM Jurnalistik. Mereka juga dilatih untuk menjadi seorang jurnalis yang penuh loyalitas dan integritas, terutama dalam menjalankan setiap kewajibannya sebagai pengurus UKM STERIL kedepannya.

“Sayang materinya kurang banget, tapi kegiatannya asyik,,, rada deg-degan juga sih waktu di komentari soal tugas buletin itu”, komentar Febi, anggota baru Steril dari jurusan Analis Kesehatan.

Dari sinilah mereka mendapatkan persepsi yang berbeda mengenai arti diklat yang menurut orang lain seram. Karena STERIL akan selalu mempersembahkan sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang selalu menjadi prinsip UKM yang bergerak di bidang jurnalistik ini. STERIL “ Karena kami beda”. (myL/STERIL)

One thought on “Diklat UKM Jurnalistik “STERIL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s